Informasi Obat Kardiovaskular, Obat Hipertensi, Obat Kolesterol

Obat Kolesterol Rosuvastatin Kalsium


ROSUVASTATIN KALSIUM


INDIKASI
Hiperkolesterol primer (tipe IIa termasuk heterozigot familial) atau dyslipidemia campuran (tipeIIb) segagai terapi tambahan jika upaya diet dan olahraga tidak mencukupi.


DOSIS
Sebelum menggunakan Rosuvastatin pasien harus melakukan diet rendah kolesterol terus selama pengobatan. Dosis awal 10mg sekali sehari bila perlu ditingkatkan menjadi 20mg sekali sehari setelah 4 minggu; dosis 40mg sekali sehari hanyaboleh diberikan pada pasien dengan  hiperkolesterol berat (termasuk hiperkolesterol familia) yang tidak memberikan hasil dengan 20mg.


INTERAKSI
Antagonis Vitamin K, gemfibrozil, siklosporin, antasida, enzim sitokrom P450, eritromisin, kontrasepsioral.


KONTRAINDIKASI
Hipersensitif terhadap obat dan komponennya, penyakit liver katif (termasuk peningkatan serum transaminase dan serum transaminase lain melebihi 3 kali batas normal yang tidak dapat dijelaskan penyebabnya), miopati, memperoleh siklosporin, hamil dan menyusui.


EFEK SAMPING
Myositis yang bersifat sementara merupakan efek samping yang jarang tapi bermakna. Statin juga menyababkan sakitkepala, perubahan fungsi ginjal dan efek saluran cerna (nyeri lambung, mual, muntah). Statin juga menyebabkan sakit kepala, perubahan uji fungsi hati (hepatitis – namun jarang terjadi), parestesia dan efek pada saluran cerna meliputi nyeri absomen, flatulens, kosntipasi, diare,mual dan muntah. Ruam kulit dan reaksi hipersensitivitas (meliputi angioedema dan nafilaksis) telah dilaporkan namun jarang terjadi.
EFEKPADA OTOT. Bila diduga terjadi miopati dan terjadi peningkatan kadar keratin kinase yang sangat tajam (lebih dari 5 kali batas atas nilai normal), atau terjadi gejala gangguan otot yang parah, maka statin harus dihentikan.
Pada pasien dengan risiko tinggi mengalami efek terhadap otot, statin tidak boleh mulai diberikan jika kadar keratin kinase meningkat.
Insidens miopati meningkat bila statin diberikan pada dosis tinggi atau diberikan bersama fibrat, atau asam nikotinat pada dosis hipolipidemiknya atau imunosupresan seperti siklosporin.
Diperlukan monitoring yang intensif terhadap fungsi hati dan jika ada gejala, pemantauan kadar keratin kinase juga diperlukan pada pasien yang menerima obat ini.
Telah dilaporkan pula rabdomiolisis dengan gangguan fungsi ginjal akut akibat mioglobinuria.;
Sakit kepala, pusing, asthenia proteinuria, nyeri otot, konstipasi, mual, nyeri abdomen, jarang terjadi proteinuria, kuning, arthralgia, jaundice, polineuropati. Rhabdomiolisis pernah dilaporkan pada penggunaan dosis 80mg.


MEREK DAGANG

Crestor (Astra Zeneca) Tablet salut film 10mg, 20mg, 40mg (K)


Baca juga obat Kolesterol Lain Pravastatin

Obat Kolesterol Rosuvastatin Kalsium Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown