Informasi Obat Kardiovaskular, Obat Hipertensi, Obat Kolesterol

Obat Antikoagulan Natrium Warfarin



INDIKASI

Profilaksis embolisasi pada penyakit jantung rematik dan fibrilasi atrium; profilaksis setelah pemasangan katup jantung prostetik; profilaksis dan pengobatan thrombosis vena dan emboisme paru; serangan iskemik serebral yang transien.


DOSIS

Pemberian warfarin harus diukur berdasarkan penetapan “quick one-stage protrombine time” atau thrombotest. Tingkat lazim untuk terapi antikoagulan penunjang adalah 2 kali lebih besar atau ebih kecil dari “quick one-stage protrombine time” atau 15-30% nilai normal pada “converted coagulation activity” atau kurang lebih 10% dari normal pada thrombotest.
Dosis yang lazim pada orang dewasa adalah 10mg sehari selama 2 sampai 4 hari dengan penyesuaian setiap hari berdasarkan hasil penetapan waktu protombin, terapi lanjutan dengan dosis penunjang 2-10 mg sekali sehari. Karena kepekaan terhadap obat sangat individualistic; maka dapat berubah, penetapan waktu prothrombin harus secara berkala dilakukan tertama pada awal terapi agar kegiatan koagulasi pasien pada rentang terapi.


PERINGATAN

Gangguan hati dan ginjal, baru saja mengalami pembedahan, menyusui, hindari sari buah cranberi.

KONTRAINDIKSI

Kehamilan berat, endocarditis bacterial


EFEK SAMPING

Perdarahan; hipersensitivitas ruam kulit; alopesia, diare, hematocrit turun, nekrosis kulit, purple toes, sakit kuning., disfungsi hati; mual, muntah, pankreatitis.



Baca juga tentang Antikoagulan Obat Parnaparin

Obat Antikoagulan Natrium Warfarin Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown