Informasi Obat Kardiovaskular, Obat Hipertensi, Obat Kolesterol

Antiplatelet Klopidogrel


KLOPIDOGREL (Clopidogrel)



INDIKASI
Menurunkan kejadian arterosklerotik (infark miokardia, stroke, dan kematian vascular) pada pasien dengan riwayat arterosklerosis yang ditandai dengan serangan stroke yang baru terjadi, infark miokardia yang baru terjadi atau penyakit arteri perifer yang menetap.


DOSIS
75mg sekali sehari dengan atau tanpa mekanan tidak diperlukan penyesuaian dosis pada pasie lanjut usia atau dengan kelainan fungsi ginjal.


PERINGATAN
Hati hati digunakan pada pasein dengan risiko terjadinya pendarahan seperti pada keadaan trauma, pembedahan atau keadaan patologij lainya; penggunaan bersamaan dengan obat yang meningkatkan risiko perndarahan. Pada pasien yang akan menjalani pembedahan dan tidak diperlukan efek antiplatelet, klopidogrel harus dihentikan 7 hari sebelumnya. Hati hati digunakan paa peasien dengan kegaglan fungsi hati karena pengalaman penggunaan masih erbatas; gangguan fungsi ginjla, kehamilang.


KONTRAINDIKASI
Hipersensitivitas, perdarahan, aktif seperti ulkus peptikum atau perdarahan intracranial, menyusui.


EFEK SAMPING
Dyspepsia, nyeri perut, diare; perdarahan (termasuk perdarahan saluran cerna dan itrakranial); lebih jarang mual, muntah, gastritis, perut kembung, konstipasi, tukak lambung dan usus besar, sakit kepala, pusing, paraestesia, leukopenia, platelet menurun (sangat jarang trombositopeia berat), eosinophilia, ruam kulit dan gatal, jarang vertigo,; sangat jarang colitis, pankreatitis, hepatitis, vaskulitis, kebingungan, halusinasi, gangguan rasa, gangguan darah (termasuk trombositopenia purpura, agranulositosis, dan pansitopenia), dan reaksi seperti hipersensitivitas (termasuk demam, glomerulonephritis, nyeri sendi, sindrom Steven Johnson, lichen planus.


MEREK DAGANG

Plavix (Sanofi-Synthelabo-Combiphar) Tablet salu selaput 75mg (K)


Baca juga tentang Obat Antiplatelet Lainnya Dipiridamol

Antiplatelet Klopidogrel Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown