Informasi Obat Kardiovaskular, Obat Hipertensi, Obat Kolesterol

Obat Antikoagulan Enoksaparin


ENOKSAPARIN


INDIKASI
Pengobatan thrombosis vena yang berhubungan dengan operasi ortopedi atau operasi umum, pengobatan thrombosis vena pada pasien yang dirawat akibat penyakit akut termasuk insufisiensi kardiak, gagal nafas, infeksi parah penyakit rematik,,
Selama hemodialysis; profilaksis thrombosis vena-dalam; pengobatan angina tidak stabil dan injfark miokard non Q wave, dikonsumsi bersamaan dengan asam saseti salisilat; pencegahan thrombus pada sirkulasi ekstrakorporeal.


DOSIS
Profilaksis thrombosis vena-dalam, melalui injeksi subkutan, risiko sedang, 20mg (2000 unit) 2 jam sebelum pembedahan, kemudian 20mg (2000 unit) setiap 24 jam selama 7-10 hari; risiko tinggi, 40mg (4000 unit) 12 jam sebelum pembedahan, kemudian 40mg (4000 unit) setiap 24jam selama 7-10 hari. Pengobatan thrombosis vena-dalam, melalui injeksi subkutan, 1mg/kgbb (100 unit/kgbb setiap 12 jam, biasanya selama paling tidak 5 hari (dan sampai antikoagulansi oral yang cukup tercapai).



PERINGATAN
Usia lanjut, hipersensitif terhadap heparin bobot molekul rendah; gangguan hati dan ginja; kehamilan.
TROMBOSITOPENIA. Trombositopenia yang secara klinis penting adalah yang diperantarai system imun, biasanya tidak terjadi sampai setelah 6-10hari. Ini mungkin desertai dengan thrombosis. Disarankan menghitung angka trombosit bagi pasein yang mendapat heparin (termasuk heparin dengan bobot melekul rendah) lebih dari 5 hari (dan heparin harus segera dihentikan pada pasien yang mengalami trombositopenia) atau pengurangan angka platelet.
Pasien yang memerlukan antikoagulasi lebih lanjut sebaiknya diberikan diberi suatu heparinoid seperti danaparoid; alternatifnya heparin bobot melekul rendah (tetapi dapat terjadi reaksi silang), warfarin atau epoprostenol.
HIPERKALEMIA : inhibisi dari sekresi aldosterone oleh heparin (termasuk heparin bobot melekul rendah) dapat menyebabkan hiperkalemi, umumnya pada pasien dengan diabetes mellitus, gagal ginjal kronik, asidosis, kenaikan kalium pasma, mendapatkan obat hemat kalium. Kalium plasma harus diukur pada pasien yang beresiko sebelum memulai terapi heparin dan dimonitor secara teratur sesudahna jika pengobatan dengan heparin lebih dari 7 hari.; berat badan rendah (meningkatkan resiko perdarahan).


INTERAKSI
TIDAK dapat dikonsumi dengan asam aseti salisilat, anti inflamasi mon steroid, dekstran, atau tiklodipin.


KONTRAINDIKASI
Hemofilia dan gangguan hemorhagik ain, trombositopenia, tukak lambung, perpendarahan serebral yang baru rejadi. Hipertensi berat, penyakit hati berat (termasuk farises esophagus), gagal ginjal sehabis cedera berat atau pembedahan (termasuk pada mata atau susunan saraf), hipersensitivitas terhadap heparin.; hipertensi arteri sedang sampai berat yang tidak terkontrol dengan gagal ginjal (bersihan kratinin 30-60mL/menit); hipersensitif terhadap enoksaparin.


EFEK SAMPING
Perdarahan; nekrosis kulit, trombosiotpenia, hiperkalsemia, raksi hipersensitivitas (urtikaria, angioedema, dan  anafilaksis), osteoforisis seteah penggunaan jangka panjang (danjarang terjadi alopesia).


 Baca juga tentang Obat Antikoagulan Warfarin Na



Obat Antikoagulan Enoksaparin Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown