Informasi Obat Kardiovaskular, Obat Hipertensi, Obat Kolesterol

Obat Hipertensi Klortalidon





INDIKASI

Ascites karena sirosis pada sekelompok pasien (dibawah pengawasan dokter), edema karena sindrom nefrotik, hipertensi; gagal jantung kronik yang ringan sampai sedan; diabetes insipidus.


PERINGATAN
Pada dosis tinggi atau gangguan ginjal perlu pantau elektrolit; meperburuk diabetes mellitus dan pirai; mungkin memperburuk SLE (lupus eritematosus sistemik); usia lanjut; kehamilan dan menyususi; gangguan hati dan ginjal.


KONTRAINDIKASI

Hypokalemia yang refraktur, hiponatremia; hiperkalsemia; gangguan ginjal dan hati yang berat; hiperurikemia yang simtomatik; penyakit Addison.


EFEK SAMPING

Hipotensi postural dan gangguan saluran cerna yang ringan; impotensi (reversible bila obat dihentikan); hypokalemia, hipomagnesemia, hiponatremia, hiperurisemia, pirai, hiperglikemia, dan peningkatan kadar kolesterol plasma; jarang terjadi ruam kulit, fotosensitivitas; gangguan darah (termasuk heutropenia, bila dirasakan pada masa kehamilan akhir trombositopenia neonatal telah diaporkan); pankreatitis, kolstatis intrahepatic dan reaksi hipersensitivitas (termasuk pneumonitis, edema paru, raksi kulit yang berat) juga dilaporkan.


DOSIS

Edema, hingga 50mg sehari selama periode terbatas.
Hipertensi, 25mg pada pagi hari, jika perlu tingkatkan sampai 50mg


MEREK DAGANG

Diural (Zenith Pharmaceutical) tablet salut selaput 50mg (K)
Hygroton (Novartis Indonesia) tablet 50mg (K)



Baca juga mengenai obat Hipertensi Bendrofluazid

Obat Hipertensi Klortalidon Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown