Informasi Obat Kardiovaskular, Obat Hipertensi, Obat Kolesterol

Obat antikoagulan Natrium Fondaparinus


NATRIUM FONDAPARINUS



INDIKASI
Pencegahan venous thromboembolic event (VTE) pada pasein yang menjaani pembedahan orthopedic mayor pada anggota badan/tungkai/lengan bagian bawah seperti fraktur pinggul, lutut mayor atau operasi penggantian pinggul.



DOSIS
2,5mg sehari sekai diberikan pasca bedah secara injeksi subkutan.. dosis awal harus diberikan 6jam seteah pembedahan selesai untuk menetapkan hemostasis sudah tercapai. Pengobatan dilanjutkan selama 5-9 hari. Pada pasien lansia > 75 tahun dan/atau dengan berat badan < 50kg dan/atau pada psien gangguan ginjal sedang dengan kreatinin klirens 30-50mL/menit pemberian pertama tidak boeh kurang dari 6 jam setelah pembedahan selesai. Injeksi tidak boleh diberikan kecuali apabia hemostasis tercapai.
Fondaparinux natrium tidak boleh diberikan paa pasien dengan gangguanfunsi ginja berat (kreatinin kirens < 30m/menit).
Pada pasien dengan kerusakan hati : tidak diperlukan adanya penyesuaian dosis. Pada pasien dengan kerusakan hati berat fondaparinuks harus diberikan dengan hati hati.
Khasiat dan keamanan fondaparinuks pada psaien dibawah 17 tahun belum diketahui.


PERINGATAN
Gangguan perdarahan penyakit ulser gastroinstestinal aktif; hemoragi intracranial baru; pembedahan otak, spinal atau mata; lansia; berat badan rendah. Pada pasien  yang sedang menjalani anastesi spinal atau epidural, dapat terjadi hematom intraspinal yang menyebabkan paralisis permanen atau berkepanjangan. Resiko hematom intraspinal meningkat pada pasca bdah yang menggunakan obat-obatan yang mempengaruhi hemostasis.
Trombositopenia : pemantauan platelet dianjurkan dilakukan di awal dan akhir pengobatan, terutama jika terapi lanjutan menggunakan heparin atau heparin bobot melekul rendah.
Gagal ginjal; hamil; menyusui.


INTERAKSI
Desirudin, fibrinolitik agent, reseptor antagonis GP IIb/IIIa, heparin, heparinoid, dan heparin bobot melekul rendah dapat meningkatkan risiko perdarahan. Obat obat anti platelet lain (asam asetil salisilat, dipiridamol, sulfinpirazon, tiklopidin, klopidogrel) dan AINS harus diberikan dengan perhatian.


KONTRAINDIKASI
Perdarahan yang aktif secara klins, endocarditis bakteria akut, kerusakan ginjal berat (kreatinin kirens < 30mL/menit)


EFEK SAMPING
Hemoragi, purpura; Agak Sering : gangguan saluran cerna,udem, perubahan enzyme hati, nyeri dada, dyspnea, anemia, trombositopenia, vertgo, pusing, sakit kepala, Jarang :hipotensi, batuk, mual, muntah, hypokalemia, hiperbilirubinemia, vertigo, ngantuk.

MEREK DAGANG
Aristra (Sanofi-Synthelabo Combiphar) larutan injeksi 2,5mg/0,5mL.



Baca juga tentang Obat Protamin

Obat antikoagulan Natrium Fondaparinus Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown