Informasi Obat Kardiovaskular, Obat Hipertensi, Obat Kolesterol

Obat Kolesterol Asam Nikotinat


ASAM NIKOTINAT


Obat Hipertensi dan Kardiovaskular

INDIKASI

Terapi tambahan pada upaya diet dan olahraga tidak merespon dengan cukup, dengan menurunkan kadar TC, LDL-C, Apo B, dan TG, dan meningkatkan HDL-C pada pasien dengan hiperkolesterolemia (heterozigot familial dan non familial) dan mixed dyslipidemia  (Frederickson Type IIa dan IIb)


DOSIS

Terapi dengan asam nikotinat harus dimulai secara bertahap dalam peningkatan dosis untuk mengurangi insiden dan beratnya efek samping yang mungkin terjadi selama awal terapi. Dosis yang dianjurkan adalah :
375mg sehari sekali sebelum tidur untuk satu minggu pertama, jika dapat ditoleransi dengan baik dapat ditingkatkan menjadi.
500mg sehari sekali sebelum tidur untuk minggu kedua, jika dapat ditoleransi dengan baik dapat ditingkatkan menjadi.
750mg sehari sekali sebelum tidur untuk minggu ketiga, jika dapat ditoleransi dengan baik dapat ditingkatkan menjadi
500mg dua tablet sebelum tidur untuk minggu ke 4-7, jika dapat ditoleransi dengan baik dapat ditingkatkan menjadi 1000mg dua tablet sebelum tidur.
Setelah minggu ke-7 titrasi dosis tergantung pada respon pasien dan toleransinya. Jika respon 1000mg sehari sekali mencukupi, dapat ditingkatkan hinggadosis 1500 mg sehari sekali; kemudian dosis dapat ditingkatkan mencapai 2000 mg sehari sekali.
Dosis penunjang : dosis yang dianjurkan untuk penunjang adalah 1000mg (2 tablet 500mg) sampai 2000mg (2 tablet 1000mg) sehari sekali sebelum tidur. Dosis perhari tidak boleh ditingkatkan lebih dari 500 mg dalam waktu 4 minggu.


PERINGATAN

Diabetes mellitus, pirai, penyakit hati, otot skelet, angina tidak stabil, infark miokardial akut, jaundice, tukak peptic.


KONTRAINDIKASI

Perdarahan arteri, tukak peptic aktif, kehamilan dan menyusui.


EFEK SAMPING

 Paling sering :flushing episode (rasa hangat, ke merahan, gatal dan matirasa/tingling), diare, mual, muntah, sakit perut, dyspepsia, pruritis, ruam kulit.
 Umum : takikardia, palpitasi pernafasan pendek, oedem peripheral, sakit kepala, pusing, asam urat, hipofosfatemia, perpanjangan waktu protrombin dan pegurangan junlah platelet.
Jarang : hipotensi sinkop, rhinitis, insomnia, pengurangan toleransi glukosa, myalgia, miophati dan misastenia.
Sangat jarang : anoreksia, rhabdomiolisis.


MEREK DAGANG

Asam Nikotinat (Generik) Tablet500 mg (K)
Niaspan (Merch) Tablet lepas lambat 375mg, 500mg, 1000mg (K)


Baca juga mengenai Obat Kolesterol Lain Simvastatin

Obat Kolesterol Asam Nikotinat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown