Informasi Obat Kardiovaskular, Obat Hipertensi, Obat Kolesterol

Obat Kolesterol Kolestiramin


KOLESTIRAMIN


INDIKASI

Hyperlipidemia, tertama tipe IIa, pada pasien yang tidak cukup memberikan respons terhadap diet dan tindakan lain yang sesuai; pencegahan primer penyakit jantung koroner pada pria; usia 35-59 tahun dengan hiperkolesterolemia primer yang tidak responsive terhadap diet dan tindakan lain yang relevan; pruritus akibat obstruksi empedu parsial dan sirosis empedu primer.


DOSIS

Penurunan lipid (setelah pemberian awal selama 3-4 minggu) 8-24 g sehari dalam air (atau cairan lain yang sesuai) dalam dosis tunggal atau 4 dosis terbagi, jika perlu sampai dengan 36g sehari.
Pruritus, 4-8 g sehari dalam air (atau cairan air yang cocok)


PERINGATAN

Resin penukar anion mengganggu absorpsi vitamin larut lemak. Suplemen vitamin A, D, dan K serta asam folat mungkin diperlukan bila pengobatan berlangsung lama.
Hamil, dan menyusui.


KONTRAINDIKASI

Obstruktif empedu total (kemungkinan tidak akan efektif)


EFEK SAMPING

Karena kolestiramin dan kolestipol tidak diabsorpsi, efek samping saluran cerna menonjol. Konstipasi lazim terjadi, tetapi diare juga dilaporkan. Demikian pula mual, muntah, dan rasa tidak enak dalam saluran cerna. Hipertrigliseridemia bida memburuk. Kecenderungan perdarahan yang meningkat telah dilaporkan akibat hipoprotombinemia yang disertai dengan defisiensi vitamin K.
Catatan, Obat obat lain harus diminum paling tidak 1 jam sebelum atau 4-6 jam setelah pemberian kolestiramin atau kolestipol guna mengruangi kemungkinan gangguan absopsinya.;
Asidosis hiperkloremik dilaporkan pada penggunaan yang lama.


MEREK DAGANG

Falterol (Prapta Nirmala) Serbuk 0,444 gram (K)


Baca juga mengenai obat kolesterol Kolestipol


Obat Kolesterol Kolestiramin Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown