Informasi Obat Kardiovaskular, Obat Hipertensi, Obat Kolesterol

Obat HIpertensi Telmisartan




TELMISARTAN


INDIKASI

Hipertensi essensial.
Kombinasi dengan HCT : untuk pasien hipertensi dimana tekanan darahnya tidak dapat terkontrol dengan telmisartan atau HCT tunggal.



DOSIS

Lazimnya 40mg sekali sehari (20mg mungkin cukup), tingkatkan jika perlu setelah sedikitnya 4 minggu, hingga 80mg sekali sehari.
Kombinasi telmisartan 40mg/HCT 12,5 mg digunakan pada pasien hipertensi dimana tekanan darahnya tidak dapat trkontrol dengan terlmisartan 40mg.
Kombinasi telmisartan 80mg/HCT12,5mg digunakan pada pasien hipertensi dimana tekanan darahnya tidak dapat terkontrol dengan irbesartan 80mg atau telmisartan 40mg/HCT 12,5 mg.


MEREK DAGANG

Carditel (Fahrenheit Pratapa Nirmala) tablet 40mg (K)
Micardis (Boehringer Ingelheim) Tablet 20mg, 40mg, 80mg (K)

Kombinasi dengan HCT

Micardi Plus (Boehringer Ingelheim) Tablet 40/12,5mg, 80/12,5mg (K)



PERINGATAN

Antagonnis reseptor angiotensin II harus digunakan dengan hati – hati jpada stenosis arteri ginjal. Dianjurkan dilakukan pemantauan kadar kalium plasma, terutama pada pasien lansia dan pada pasien gangguan ginjal. Dosis awal yang lebih rendah mungkin ssesuai untuk pasien ini. Antagonis reseptor angiotensin II harus diguakan dengan hati hati pada stenosis pembuluh “mitral” atau aorta dan pada kardiomiopati hipertrofik obstruktif. Pasien Afro-Karibian, tertama yang mengalami hipertrofik ventrikel kiri tidask akan mendapat manfaat dengan pemberian antagonis reseptor angiotensin II.; gangguan fungsi hati-hindrkan jika berat; gangguan fungsi ginjal


INTERAKSI

Pemberian bersamaan kombinasi telmisartan + tiazid dengan litium dapat meningkatkan kadar serum litium. Klirens ginjal dari litium. Klirens ginjal dari litium dapat berkurang dengan tiazid sehingga resiko toksisitas litium dapat meningkat.
Telmisartan dapat meningkatkan efek hipotensi antihipertensi lain.


KONTRAINDIKASI

Hipersensitif, koleastatis dan gangguan karena obstruksi empedu; trimester kedua dan ketiga kehamilan dan menyusui.


EFEK SAMPING

Biasanya ringan. Hipotensi simtomatik termasuk pusing dapat terjadi, terutama pada pasien dengan  kekurangan cairan intravascular (misal yang mendapatkan diuretika dosis tinggi). Hyperkalemia kadang kadang terjadi; angioedema juga dapat terjadi pada beberapa antagonis reseptor angiotensin II.; gangguan saluran cerna; gejala mirip influenza termasuk faringitis dansinusutis; neri sendi, neri otot, nyeri punggu, kram kaki; eksim; lebih jarang mulut kering, perut kembung, ansietas, vertigo, gejala mirip tendonitis, pandangan tidak normal, berkeringant; jarang bradikardia, takikardia, dyspnea, insomnia, depresi, gangguan darah, penigkatan asam urat, eosinophilia, ruam dan gatal.





Obat HIpertensi Telmisartan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown