Informasi Obat Kardiovaskular, Obat Hipertensi, Obat Kolesterol

Terapi NonFarmakologi Sakit Hipertensi


TERAPI NONFARMAKOLOGIHIPERTENSI

Obat Hipertensi

Cara cara pengobatan nonfarmakologik untuk hipertensi adalah menurunkan berat badan , membatasi makan garam, mengurangi minum alcohol (maksimal 60mL sehari), mengurangi makan lemak jenuh dan kolesterol, melakukan latihan fisik (isotonic) secara teratur, tidak merokok, dan hidup lebih santai. Di antara cara-cara tersebut, penurunan berat badan dan pembatasan makan garam paling berhasil dalam menurunkan TD pada hipertensi.
            TD (Tekanan Darah) dapat diturnkan rata-rata 2-3 mmHg per Kg pengurangan berat bada, sampai total pengurangan 10 kg. Turunanya berat badan disertai dengan berkurangnya volume dara, curah jangutng dan kadar plasma NE (NorEpinefrin). Ini dicapai hanya degnan mengurangi berat badan tanpa mengurangi makan garam. Penurunan berat badan harus diusahakan pada penderita yang gemuk, penurunannya harus  perlahan-lahan dan kemudian dipertahankan berat badan ideal.
            Mengurangi makan garam menjadi setengah dari biasanya (menjadi sekitar 2 g natrium atau 5 g garam sehari) dapat menurunkan TD diastolic sebanyak 7 mmHg, sebandng dengan pemberian tiazzid atau Beta bloker. Tetapi, ini hanya terjadi pada kira kira setengah dari total penderita hipertensi. Garam harus dikurangi sedikit demi sedikit untuk meningkatkan kepatuhan penderita. Pembatasan makan garam ini haurs dijalankan oleh penderita bila efektif untuk menurunkan TDnya. Diet tinggi garam juga harus dihindarkan selama pemberian obat antihipertensi karena diet demikian akan menetralkan atau mengurangi efek diuretik terhadap TD dan akan meningkatkan eksresi kalium.
            Terapi nonfarmakologi Hipertensi ini tertama cocok untuk mengobati hipertensi ringan, tetapi juga berguna untuk meningkatkan manfaat terapi farmakologik pada hipertensi yang legih berat.

Baca juga mengenai Obat Hipertensi Nitrogliserin



Source : Farmakologi dan Terapi 

Terapi NonFarmakologi Sakit Hipertensi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown